Ketika Anda menjalankan startup, dinamika tim sama pentingnya dengan
rencana bisnis Anda. Tim karyawan yang dikelola dengan buruk dapat
merusak pertumbuhan dan produktivitas perusahaan. Berikut beberapa hal
yang harus Anda lakukan untuk membentuk tim bisnis Anda solid:
Cari pemimpin
Apakah
tim Anda memiliki lima atau 15 orang, Anda tidak akan dapat secara
individu memonitor mereka semua. Anda membutuhkan pemimpin dengan
mendelegasikan tanggung jawab kepada orang yang Anda pilih. Setiap
pemimpin, pada gilirannya, harus mengelola satu bidang bisnis yang Anda
kelola. Mereka dapat melaporkan kepada Anda setiap hari atau mingguan
tentang kemajuan tim.
Menjadi bagian dari tindakan
Meski
Anda sudah memilih pemimpin untuk mengatus tim, hal itu tidak
mengurangi peran atau interaksi Anda dengan anggota tim. Anda harus
memastikan mereka tahu Anda adalah 'yang pertama di antara mereka'.
Terlibat dalam inisiatif baru
Tidak
hanya sekadar memotivasi tim, Anda harus mempunyai inisiatif baru yang
harus dikomunikasikan kepada karyawan untuk pendapat dan umpan balik.
Keterlibatan lengkap dalam segala hal bisnis akan membawa rasa
pertanggungjawaban kepada setiap orang yang bersangkutan, termasuk
karyawan.
Memantau kemajuan pekerjaan
Pastikan
untuk melakukan pertemuan mingguan atau harian. Setelah itu semua, Anda
perlu memonitor pemimpin Anda juga. Mengatur jadwal internal untuk
proyek-proyek sehingga Anda tidak membungkus dan memberikan pekerjaan
yang harus dieksekusi secara mendadak.
Menyelesaikan konflik secara proaktif
Akan
ada saat-saat ketika Anda harus menjadi penyelesai konflik
antarkaryawan, terlepas dari kelompok usia Anda hadapi. Seringkali,
karyawan akan bertengkar karena hal-hal kecil, meskipun kadang-kadang
konflik bisa serius.
---
Tidak ada komentar:
Posting Komentar