Rabu, 11 September 2013

Trik Beberapa Perusahaan Untuk Menjaga Loyalitas Karyawan

Sebagai seorang pengelola usaha, baik Pemilik, Direktur, maupun Manager Divisi, menurut saya perlu memahami bahwa Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan adalah asset paling penting..

Sebagai asset yang penting, Manusia perlu perlakuan khusus baik secara organisasi maupun perorangan..

Berikut cara beberapa perusahaan Internasional memperlakukan karyawan mereka :

1. Intel (Perusahaan terbaik nomor 68)
Semua karyawan yang baru diterima disambut dengan karpet merah. Pada hari pertama orientasi karyawan, seluruh karyawan baru akan berjalan sepanjang karpet merah dan difoto dan shooting (video) oleh Fotografer dan Videografer Intel Studio. Kemudian masing-masing pegawai baru memperkenalkan diri mereka di atas panggung dan akan disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh rekan-rekan kerjanya..

2. Stryker (Perusahaan terbaik nomor 61)
Stryker adalah perusahaan yang menciptakan "turning frame", sebuah alat yang memungkin pasien untuk merubah posisi nya di tempat tidur tanpa bergerak. Perusahaan ini meminjamkan secara gratis alat tersebut kepada seluruh karyawan dan keluarga karyawan.

3. JM Family Enterprises (Perusahaan terbaik nomor 32)
Karyawan perusahaan service otomotif ini dihadiahi pada masa bakti 10 tahun dan setiap 5 tahun setelah itu dengan sebuah liburan akhir pekan di sebuah resort di Boca Raton, Fla.

3. Hitachi Data Systems (Perusahaan terbaik nomor 63)
Perusahaan ini menjaga moral dan loyalitas karyawan dengan mengadakan acara “Dog-Day”. Di hari ini karyawan boleh membawa peliharaan mereka ke tempat kerja dan menikmati acara bazaar (Salon Binatang Peliharaan, Toko Binatang Peliharaan dan Pelatih Binatang Peliharaan), dan juga ada “talent show” bagi binatang peliharaan.

4. Plante Moran (Perusahaan terbaik nomor 25)
Selama musim panas, truk es krim akan datang ke kantor setiap Jumat selama jam makan siang. Selama musim gugur, jus apel dan donat disajikan 2 kali sebulan, antara jam sarapan dan makan siang.

5. Google (Perusahaan terbaik nomor 1)
Selain fasilitas yang luar biasa bagi karyawan, fasilitas olahraga outdoor, makanan gratis dan banyak lagi. Setiap karyawan Google yang meninggal dunia, istri atau rekan nya menerima 50% gaji almarhum selama 10 tahun, tanpa memperdulikan masa kerja almarhum.

6. Quiktrip (Perusahaan terbaik nomor 66)
Karyawan baru di perusahaan ini hanya bisa malu-malu sebentar, karena pada hari pertama masuk kerja, di meja mereka akan disediakan permen dan snack yang banyak sekali. Rekan-rekan nya akan datang ke meja untuk berkenalan dan mengambil snack dan permen nya..

Demikianlah trik beberapa perusahaan untuk menciptakan suasana kantor yang nyaman bagi karyawannya.. Semoga bisa menjadi inspirasi..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar