Minggu, 28 Agustus 2011

Fenomena Globalisasi


Arus globalisasi semakin tak terbendung. Seiring dengan terjadinya globalisasi, kemajuan teknologi informasi akhirnya menciptakan fenomena-fenomena baru. Terkadang fenomena ini terlepas dari pengamatan kita. Menurut Prof. Dr. Robert Sibarani, MS ada 5 fenomena yang terjadi dalam globalisasi :

1. Kesatuan Ruang dan Waktu
Di dunia teknologi informasi seperti sekarang ini, jarak seakan tidak ada lagi. Melakukan komunikasi dengan orang lain yang berjarak ratusan, bahkan ribuan kilometer dapat ditempuh hanya dalam hitungan detik. Yang dulunya dianggap jauh dan memakan waktu yang panjang, kini dapat dilakukan tanpa berpindah tempat dan dalam waktu yang singkat.

2. Kesatuan Pasar dan Perdagangan
Jual beli bahan baku dan produk atau jasa lintas negara dan benua menjadi hal yang biasa. Organisasi bisnis yang dibentuk juga memiliki skala yang lebih besar, multinasional, trans-nation, bahkan global.

3. Kesatuan Komunikasi
Teknologi informasi kini memungkinkan manusia dari negara, bahkan benua yang berbeda memperoleh informasi yang sama tanpa batas.

4. Kesatuan Budaya
Semakin lama, manusia sudah tidak dapat lagi membedakan budaya antar daerah, wilayah atau negara. Budaya seakan sudah bercampur baur menjadi satu.

5. Kesatuan Masalah
Ketiadaan batas juga menyebabkan adanya kesatuan masalah secara global. Krisis ekonomi yang saling mempengaruhi, masalah lingkungan hidup, kesehatan, bencana alam menjadi masalah bersama bagi beberapa negara.

Semua fenomena di atas mengingatkan kita bahwa perubahan globalisme ini akan membawa dunia menjadi satu.
Apakah kita siap untuk bersaing di era globalisasi?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar