Senin, 29 Agustus 2011

Penjaga Yang Tak Terlihat

Dahulu sekali, ada sebuah suku di pedalaman Kalimantan yang memiliki ritual adat kebiasaan yang cukup unik untuk anak lelaki di suku tersebut.
Seorang anak lelaki, pada umur tertentu akan dibawa oleh ayah nya ke tengah hutan, diikat ke sebuah pohon besar dan akan ditinggalkan selama satu malam.
Suatu ketika, seorang anak yang bernama Boni akan menjalani ritual tersebut.
Sang ayah mengajak Boni ke tengah hutan, setelah menemukan pohon yang cukup besar di tengah hutan, sang ayah pun mengikat Boni di pohon tersebut, lalu berjalan kembali ke arah perkampungan meninggalkan Boni.

Boni yang terikat sendirian pada sebuah pohon di tengah hutan tidak merasa khawatir karena hari masih terang. Namun ketika hari mulai gelap, Boni mulai ketakutan. Suasana mulai gelap dan mulai terdengar suara-suara yang aneh. Boni yang ketakutan pun mulai memanggil ayahnya. “Ayah, lepaskan aku..” berulang-ulang dengan suara yang kuat. Namun bukan Ayah nya yang datang, tapi suara binatang yang semakin banyak terdengar. Boni terus memanggil-manggil ayah nya sampai ia kelelahan dan habis suaranya. Namun sang ayah tak kunjung muncul untuk meleaskan ikatan nya. Sepanjang malam Boni terjaga dan terus ketakutan.
Ketika fajar mulai menyingsing dan hutan mulai terang, Boni melihat ada sesosok lelaki berada 1 meter di samping nya. Berdiri dengan siaga, sebuah parang di tangan kanan nya dan sebuah tombak di tangan kirinya. Orang itu ternyata adalah ayahnya. Yang sepanjang malam tetap siaga untuk menjaga Boni agar selamat bilamana ada serangan dari binatang buas.
Sang ayah kemudian melepaskan Boni dan mereka meninggalkan hutan dan pulang ke perkampungan.

Sering kali tanpa sadar, ritual ini terjadi dalam kehidupan kita. Tuhan yang kita pikir telah meninggalkan kita terjerat dalam beban kita, di tengah pergumulan masalah kita, ternyata tak pernah sedetik pun melepaskan kita dari perlindunganNya, dari anugerahNya selalu berkelimpahan setiap hari.

Mari kita hilangkan rasa takut dan kekhawatiran kita dengan keyakinan bahwa Tuhan selalu berada disamping kiti untuk selalu menjaga kita.

Tuhan memberikan cobaan dan masalah bukan untuk membuat kita hancur, tapi agar kita semakin kuat.

Never Fear, For God Is Always Near.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar